PENTINGNYA KUALITAS TIDUR BAGI KESEHATAN



Sumber : Google
Haii good readers Dita imnida !! Terima kasih buat kalian semua yang udah mau balik lagi ke blog kita hehe..
Okee, kalau di postingan sebelumnya kita udah ngebahas tentang 10 Alasan: Mengapa Kamu Tetap Capek Padahal Sudah Tidur 8 Jam.

Dipostingan kali ini Dita mau ngebahas tentang “Pentingnya Kualitas Tidur Bagi Kesehatan”.


Penting banget kah kualitas tidur buat kesehatan kita?? Emang faktor apa ajaa yang bikin kulaitas tidur kita jadi gabaik?? Adakah cara efektif buat meningkatkan kualitas tidur kita?? Terus apaa aja manfaat nya buat kesehatan kita??


Okee kalau begitu gausah banyak banyak pembukaannya, langsung ajaa kita kupas lebih dalam untuk ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang tulisan nya miring-miring kayak posisi bobo nya dedek dedek lucu ini hahaha

Sumber : Google

We6Sehat – Kalau kita ngomongin soal tidur, good readers pasti udah tau kalo tidur merupakan kebutuhan manusia paling dasar selain makan dan minum. Bisa good readers bayangkan sendiri, jika manusia tanpa tidur atau kurang tidur, pasti mata nya merah, kepala oyong dan kesehatan menurun.Tidur juga merupakan sarana istirahat, rileks, menstabilkan organ-organ tubuh yang kelelahan dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental, kejiwaan dan suasana hati. Biasanya orang yang kualitas tidur nya baik alias cukup tidur akan terlihat lebih fresh, semangat, fokus, sehat dan bertenaga ketika beraktivitas. Berbeda dengan orang yang kurang tidur yang akan terlihat lesu, lemas, berkali-kali menguap, tidak fokus serta tidak bisa konsentrasi penuh. So, dengan begitu good readers udah tau kan betapa pentingnya kualitas tidur buat kesehatan?? Sungguh penting bukan??

Sumber : Google
Setelah seharian good readers melakukan aktivitas yang cukup padat, tentunya tubuh akan merasa kelelahan. Pilihan terbaik yang dapat dilakukan untuk mengembalikan stamina tubuh yaitu dengan beristirahat alias tidur..


Selama hidupnya, rata-rata orang menghabiskan waktu untuk tidur sebanyak 1/3 dari jumlah umurnya. Secara fisiologis, tidur adalah sebuah kegiatan yang berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan status kesehatan tubuh serta mengoptimalkan fungsi fisik maupun mental.
Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika tidur, otak akan berhenti bekerja sehingga tubuh dapat beristirahat dengan baik. Padahal faktanya, saat tidur otak tetap terus bekerja, terutama saat bermimpi, otak akan bekerja layaknya sedang melakukan aktivitas di siang hari.

Saat good readers tidur, pastikan kalau good readers juga memperhatikan kualitas tidur good readers. Karena semakin baik kualitas tidur good readers maka itu akan memberikan dampak positif pada saat good readers bangun di pagi hari, seperti diantara nya perasaan tenang, segar dan tidak mudah mengantuk kembali. Sedangkan jika kualitas tidur good readers buruk maka itu akan memberikan dampak negatif seperti perasaan lelah, mudah gelisah, lesu dan apatis, warna kehitaman di sekitar mata alias mata panda, kelopak mata bengkak, konjungtiva merah, mata perih, sulit berkonsentrasi, sakit kepala dan sering menguap atau mengantuk.

Seperti yang ditanyakan diatas tadi Faktor apa ajaa sih yang bikin kualitas tidur kita jadi gabaik?? serta Apa aja cara efektif buat meningkatkan kualitas tidur kita??
Baiklah mari kita bahas satu persatu disini.....

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS TIDUR

  • Aktivitas yang Berlebihan
Good readers yang melakukan aktivitas berlebihan dalam satu hari, maka pada malamnya pasti akan cepat tertidur. Namun, aktivitas berlebihan apabila terkombinasi dengan pikiran malah akan membuat sulit untuk tertidur. Kondisi tubuh yang lelah dan stress menyebabkan  good readers susah tidur, jika bisa tertidur pun itu membutuhkan waktu yang lama dan durasi tidur hanya sebentar. Hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas tidur.

  • Gaya Hidup dan Kebiasaan
Melakukan berbagai kebiasaan sebelum tidur seperti menyikat gigi, mencuci muka dan berdoa akan mempengaruhi kualitas tidur good readers loh. Jika kebiasaan yang biasa dilakukan sebelum tidur sudah dilakukan, maka ia akan lebih cepat tertidur. Semakin cepat tertidur, maka durasi tidurnya pun juga dapat terjaga dengan baik.

  • Makan Berlebih pada Malam Hari
Saat malam hari, banyak sistem tubuh yang mulai melemah kerjanya, termasuk pula sistem pencernaan. Konsumsi makanan berat menjelang tidur akan menyebabkan makanan tersebut tidak dicerna dengan baik oleh tubuh dan mengganggu kondisi tidur sehingga dapat mengurangi kualitas tidur.

Sumber : Google

CARA EFEKTIF MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR


  • Hindari Kafein dan Minuman Beralkohol
Kafein menstimulasi tubuh untuk terus terjaga sepanjang malam. Untuk itu cobalah good readers hindari konsumsi jenis minuman ini 4 sampai 6 jam sebelum waktu tidur. Contohnya seperti kopi, teh dan cocoa. Sedangkan alcohol, ini akan cepat membuat ngantuk, namun beberapa jam kemudian akan menstimulasi tubuh untuk bangun dan mengacaukan kualitas tidur. So, jangan coba-coba minum alkohol yaa good readers..Gabaik buat kesehatan.

  • Ciptakan Ruang Kamar yang Nyaman
Ruang kamar yang nyaman, bersih, rapi dan tidak berisik mampu membantu good readers untuk dapat tertidur pulas dan meningkatkan kualitas tidur. Matikan televisi dan lampu saat tidur, ini juga akan membantu memperbaiki kualitas tidur good readers.

  • Jaga dan Pelihara “Internal Clock System” Tubuh
Setiap orang pasti memiliki waktu tertentu kapan harus tidur dan kapan harus bangun, ini disebut “Internal Clock System”. Pengaturan jam tidur harian akan membantu good readers mengetahui durasi tidur apakah cukup atau kurang, sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur.

  • Konsumsi Cairan yang Seimbang Sebelum Tidur
Minum sebelum tidur mampu membantu hidrasi tubuh selama tertidur. Minumlah dengan jumlah normal. Kalau good readers minum dengan jumlah yang berlebihan, malah akan membuat rangsangan untuk mengeluarkan urin menjadi tinggi sehingga harus terbangun dari tidur dan tidur pun jadi terganggu karena harus bolak balik ke kamar mandi.

Sumber : Drakor Goblin

Yapss, good readers pasti udah tau dong kalau kita direkomendasikan untuk tidur malam selama enam hingga delapan jam per hari. Tentunya dengan memperhatikan kualitas tidur seperti yang udah dibahas diatas tadi. Dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat yang baik dari tidur kita yang berkualitas itu. Lalu Apa ajaa sih manfaat nya buat kesehatan kita?? Berikut beberapa manfaat untuk kesehatan yang akan good readers dapatkan dengan menjaga kualitas tidur..

MANFAAT MENJAGA KUALITAS TIDUR UNTUK KESEHATAN


  • Menyehatkan
Ini yang paling dasar. Tidur otomatis akan membuat tubuh jadi segar, pikiran fresh, tidak ada rasa kantuk, lemas dan malas. Ketika bekerja dan beraktivitas pun bisa berkonsentrasi dengan baik.

  • Mengurangi Stress
Kurang tidur mengakibatkan tubuh memproduksi kadar hormon stress (kortisol) yang lebih tinggi. Jika kebiasaan kurang tidur dibiarkan, produksi hormon stress yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon lain dan menimbulkan sejumlah dampak yang merugikan bagi tubuh. Tidur malam yang cukup memungkinkan tubuh rileks guna mengurangi kadar stress setelah good readers menjalani hari yang panjang serta membuat good readers lebih mudah mengatasi stress sehari-hari.

  • Tidur Cukup Dapat Meningkatkan Kemampuan Memori
Bagi good readers yang pelajar dan mahasiswa termasuk saya, tidur yang cukup dapat meningkatkan ingatan. Misalnya ketika belajar di pagi hari saat bangun tidur atau mengulang pelajaran di pagi hari sehabis bangun tidur. Karena pikiran masih fresh dan segar, biasanya pelajaran mudah diingat karena gampang meresap dalam memori.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Untuk good readers yang berusaha menurunkan berat badan, itu akan sia-sia jika good readers sering tidur larut malam. Yaps, kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap berat badan melalui sejumlah cara. Salah satunya adalah dampaknya terhadap hormon leptin. Leptin adalah hormon yang membuat good readers merasa kenyang. Kurang tidur mengakibatkan kadar leptin menurun. Orang dengan kadar leptin rendah akan sulit mengendalikan rasa lapar serta cenderung menginginkan makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi.

  • Suasana Hati yang Lebih Baik
Dengan tidur malam yang cukup, good readers akan lebih mudah mengendalikan kondisi emosional. Kurang tidur malam menyebabkan kelelahan di siang hari. Dalam keadaan lelah, good readers akan lebih mudah tersinggung dan sulit fokus. Hal ini pada gilirannya dapat merusak suasana hati dan hari yang good readers jalani.

  • Menjaga Daya Ingat dan Konsentrasi
Sering lupa?? Kebiasaan begadang mungkin menjadi penyebabnya. Menurut penelitian, saat seseorang tidur, otak akan memproses dan mengkonsolidasikan ingatan dari hari ke hari. Jika kurang tidur, ingatan tersebut mungkin tidak tersimpan dengan benar, atau bahkan bisa hilang. Selain itu, orang-orang yang kurang tidur secara substansial lebih buruk dalam memecahkan masalah logika atau matematika daripada mereka yang mendapat waktu istirahat yang cukup. Hal ini karena tidur akan berpengaruh pada cara good readers berpikir sehingga kekurangan waktu tidur dapat mengganggu kognisi, perhatian, dan pengambilan keputusan.

  • Mencegah Penyakit
Kecukupan memang tidak akan membuat good readers kebal dari penyakit. Tapi, menjaga kualitas tidur adalah salah satu faktor penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, sejumlah penelitian melaporkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan resiko sejumlah masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas hingga kanker tertentu.

  • Awet Muda
Tidur cukup selain menstabilkan organ dan fungsi tubuh juga mengembalikan vitalitas dan kesegaran tubuh kembali semula. Hal ini membantu membuat tampilan wajah good readers kelihatan awet muda karena sehat dan segar. Bandingkan dengan orang yang kurang tidur dengan mata nya yang bengkak, wajah kusam, kantong mata membesar dan lingkaran hitam di mata.

Sumber : Google

Bagaimana good readers?? Sangat penting bukan kualitas tidur untuk kesehatan kita??
Kalau buat saya sungguh sangat penting!! So, buat semua good readers pastikan untuk selalu menjaga kualitas tidur kalian yaah.


Bagi good readers yang waktunya tersita karena tuntutan kerja atau terlalu sibuk, cobalah untuk mengatur ulang jadwal kalian dan menyisipkan tidur cukup agar sehat dan segar. Percuma good readers kalau kita bekerja keras menghabiskan waktu untuk meraih materi, tetapi akhirnya nanti malah habis untuk biaya pengobatan sakit-sakitan akibat kurang tidur dan istirahat.


Sekian.. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk semua good readers..

Gomawoooo 😊


Editor : Dita Izaty Rizkiyani 


Referensi :
  • Destiana Agustin. 2012. Faktor-faktro yang mempengaruhi kualitas tidur pada pekerja shift di PT Krakatau Tirta Industri Cilegon. Fakultas Kedokteran, ilmu keperawatan, Universitas Esa Unggul.
  • Shih-Pei Chang1, Su-Chen Huang2, Yu-Hsuan Chen,, Richard Wright4, Lung-Chuan, Liao. 2013. The Relationship between Sleep Quality and the Exercise Participation Behavior of College Students in the Central Taiwan Region. International Journal of Sport and Exercise Science, 5(2): 13-18
  • Tim Redaksi. 2011. Your Guide Ti Healthy Sleep. NIH Publication No. 11-5271
  • Twelve Simple Tips to Improve Your Sleep [tersedia pada: http://healthysleep.med.harvard.edu/healthy/getting/overcoming/tips]
  • http://wartamedika.com/pentingnya-tidur-bagi-kesehatan/
  • http://lagizi.com/pentingnya-kualitas-tidur/
  • http://nutrisains.com/manfaat-menjaga-kualitas-tidur-bagi-kesehatan/

Comments

  1. Wahhhh... Thank you atas info2nya.
    Bermanfaat bgt.
    Jadi tau pentingnya tidur teratur itu banyak yahh manfaatnya��

    ReplyDelete
  2. Mantap.. Sangat membantu, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Thanks good, sangat menginspirasi dan bermanfaat sekali, apalagi untuk kaum wanita yang harus lebih ekstra menjaga kesehatan lewat tidur yang teratur.

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat, terimakasih infonya👍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts