BEBERAPA MANFAAT ES KRIM UNTUK KESEHATAN

 
Dok. Pribadi
 

We6Sehat - Es krim 🍧🍦 Siapa sih yang gak suka sama yang satu ini?? Kayaknya hampir semua orang deh suka sama si es krim, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Tekstur nya yang lembut, rasanya yang manis dan bervariasi serta dingin nya es krim membuat orang yang menyantapnya jadi ketagihan πŸ˜πŸ˜‹

Umumnya orang tua banyak yang melarang anak-anak nya untuk mengkonsumsi es krim. Hal ini dikarenakan mereka takut anaknya terkena flu dan lain nya. Padahal good readers hal tersebut tidaklah benar selama pemberian es krim nya masih dalam tahap wajar.

Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan nilai gizi yang tinggi loh. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat es krim di antaranya: lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa. Bahkan sekarang banyak yang membuat es krim dengan bahan dasar buah-buahan. Sedikitnya 100 gram es krim yang berbahan susu memiliki 110-130 kalori dengan kandungan protein 2.5 – 3 gram.
Tapi tahukah good readers?? Selain enak, es krim juga mempunyai manfaat bagi kesehatan loh. Apaa aja manfaatnya?? Mari kita lihat dibawah..

1. Kaya Kalsium


youtube.com

Susu yang menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan es krim adalah salah satu sumber kalsium yang banyak dikonsumsi untuk memperkuat tulang dan yang lain nya. Kalsium memang memiliki banyak sekali manfaat, dan salah satu nya adalah untuk pertumbuhan tulang.

Selain itu good readers, susu juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk energy dalam tubuh, jadi gak heran kalo es krim yang good readers konsumsi nantinya akan menambah energi.


Es krim yang mengandung susu ini bisa memberikan asupan kalsium bagi tubuh yang nantinya bermanfaat bagi tulang kita. Buat good readers yang gak suka minum susu, es krim bisa nih jadi pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Nah dengan asupan kalsium yang cukup, tulang jadi tidak akan mudah rapuh dan keropos, sehingga good readers bisa mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang good readers.

2. Bermanfaat Bagi Kekebalan Tubuh


Google

Selama ini es krim justru dianggap sebagai penyebab flu, batuk, dan pilek. Padahal, pada saat kita menyantap es krim, lelehan es krim yang masuk ke dalam mulut dipengaruhi oleh suhu tubuh, sehingga suhunya pun sudah tidak dingin lagi. Larangan memakan es krim pada saat sakit juga termasuk anggapan yang salah good readers. Pada saat sakit, tubuh kita membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Es krim merupakan salah satu hidangan yang dapat menyediakan banyak cairan bagi tubuh kita. Ini dikecualikan bagi penderita radang tenggorokan, asma, maupun amandel karena berpotensi untuk kambuh.

Lagi-lagi karena kandungan susu yang kaya akan laktoferin dan sitokin, maka mengkonsumsi es krim justru sebenarnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh good readers terhadap penyakit, termasuk juga influenza. Susu dalam es krim yang tersusun dari laktoferin, yang memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas antiviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV. 

3. Menurunkan Berat Badan

bravotv.com

Es krim memang mengandung lemak, terutama lemak jenuh. Hal itu mungkin yang menyebabkan banyak dari good readers menghindari es krim karena takut jadi gemuk. Padahal, kontribusi energi es krim per takaran saji (satu cangkir) hanya sekitar 10% dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya sekitar 15% dari total kebutuhan lemak per hari. Jumlah tersebut termasuk kecil, sehingga kurang pas kalo es krim dituduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

Justru sebenarnya dengan mengkonsumsi es krim yang sehat malah akan membuat good readers lebih cepat dalam menurunkan berat badan, karena mengkonsumsi sesuatu yang dingin akan meningkatkan suhu tubuh dan akan membakar lemak serta kalori yang ada di dalam tubuh good readers. Jadi jangan tuduh si es krim sebagai penyebab gemuk yaa good readers, kasian dia dituduh-tuduh padahal dia justru membantu menurunkan berat badan good readers. πŸ˜„πŸ˜

4. Kaya Vitamin

Google

Dalam satu sendok es krim ada banyak sekali kandungan vitamin di dalam nya, vitamin A, D, K, dan B12. Apa aja sih manfaat vitamin-vitamin tersebut? 
Manfaat vitamin A sudah jelas akan menjaga kesehatan mata, vitamin D akan menyerap semua kalsium dan nutrisi yang good readers dapatkan dari makanan dan menyimpan nya di ginjal. Vitamin K akan membantu good readers untuk meningkatkan aliran darah yang ada dalam tubuh serta akan membuka sel darah yang tersumbat. Dan si B12 akan membuat good readers lebih mudah mengingat, ini karena memory dan system saraf good readers akan jadi lebih meningkat kemampuannya.

5. Kaya Protein & Menurunkan Resiko Penyakit 
 
Instagram

Tau dong good readers kalo tubuh kita membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup setiap harinya, nah dengan memakan satu sendok es krim akan membuat good readers memiliki cukup protein aktif setiap harinya dan juga membangun kembali atau mempebaiki jaringan otot.

Tubuh yang kekurangan protein juga tidak akan baik karena tubuh good readers akan membengkak dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi protein yang cukup dari es krim itu bisa mencegah penyakit tersebut. Selain itu, penelitian juga menyebutkan kalo es krim berpotensi menurunkan resiko penyakit jantung, kanker kolorektal, dan tekanan darah tinggi. Waahh, keren juga yaa si es krim. 

Baik itulah tadi beberapa manfaat dari es krim bagi kesehatan. So, good readers gak perlu khawatir lagi tentu nya kalo mau makan es krim dalam jumlah yang cukup banyak. Namun... memang untuk lebih bagus nya, good readers harus membatasinya. Karena bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan itu tidak baik good readers dan pasti akan ada resikonya, seperti misalnya resiko pada kantong dan dompet?! hahaha kan sayang good readers kalo buat beli es krim terus, mending ditabung biar bisa beli es krim yang banyak sekalian #loh sama aja yak hahaha #peace. Maafkan ke recehan saya ya good readers πŸ˜†

Okey good readers jadi silahkan makan es krim tapi dengan tetap menjaga takaran nya yaa, cukup konsumsi 3 gelas es krim setiap hari nya pada pagi, siang dan sore hari aja untuk menghindari kelebihan konsumsi es krim.

Sekian. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat semua good readers.. Maaf-maaf kalo ada salah salah kata 😊  

Gomawooo 😊😊 

Editor : Dita Izaty Rizkiyani 

Referensi : 
  • https://www.rumahmesin.com/manfaat-es-krim/
  • http://doktersehat.com/yang-sehat-dari-es-krim/

Comments

Post a Comment

Popular Posts