5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG DIPERCAYA SEBAGAI PEREDA STRES

Dok. Shutterstock

We6Sehat - Yapss hidup di zaman milenial dimana semua serba teknologi dan serba internet seperti saat ini membuat kita semakin banyak terkena stres. Stres bisa disebabkan oleh teknologi dan informasi yang berkembang begitu cepat, hal tersebut membuat kita seolah harus menjadi orang yang cepat juga. Hal ini tentu bisa membuat kita stres jika tidak bisa mengontrol diri dan sabar. Bener gak good readers??

Bukan cuma itu ada lagi banyak hal yang bisa membuat kita stres. Seperti misalnya.... Pekerjaan atau tugas yang menggunung alias menumpuk? Duit mulai habis? Pengen liburan tapi gak bisa? ๐Ÿ˜ฎ Yahh banyak lah pokoknya penyebab stres, mungkin good readers sendiri lebih tau hahaha

Okee baiklah disini kita gak akan membahas tentang penyebab stress, but kali ini kita akan membahas tentang makanan dan minuman ๐Ÿ˜. Lebih tepatnya Makanan dan Minuman yang Dipercaya sebagai Pereda Stres seperti yang sudah tertulis pada judul diatas.
Siapa sajakah makanan dan minuman itu?? Mari kita bahas dibawah....

1. Salmon

Dok. Once Upon a Chef

Menurut Healthy Eating, ikan salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi karena mengandung Asam Lemak Omega-3 yang dapat mengurangi hormon stres.
Perlu good readers ketahui kandungan Omega-3 yang sangat banyak terkandung pada salmon ini berfungsi untuk mejaga kestabilan adrenalin dan hormon kortisol, selain itu Omega-3 juga memiliki kemampuan anti-inflamasi dan juga anti-depresan tanpa memberi efek samping layaknya obat-obatan. Pada beberapa studi yang telah dilakukan, sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi salmon bisa menurunkan tingkat stres seseorang hingga 20%. 

2. Blueberry

theancientolive.com
 

Buah-buahan bermarga berry ini memang terkenal memiliki banyak khasiat, termasuk blueberry. Buah yang satu ini ternyata mendapatkan kemampuannya berkat pigmen yang terkandung di dalamnya. Blueberry mendapatkan warna gelap khasnya dari zat pigmen bernama anthocyanins. Zat pigmen ini mengandung anti-oksidan yang mampu merangsang otak untuk memproduksi dopamine dan juga adanya senyawa valporic acid yang diakui bisa menyeimbangkan mood. Selain itu good readers blueberry juga mengandung phytonutrients yang bisa membantu tubuh melawan stres yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Yoghurt

Dok. Shutterstock

Good readers pernah ngalamin sakit perut sebelum melakukan hal yang menakutkan?? Saat melakukan presentasi penting, misalnya. Taukah good readers? Ternyata oh ternyata rasa sakit perut ini merupakan respon dari tubuh good readers terhadap rasa stres. Saat mengalami stres, otak akan mengirimkan sinyal ke perut dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini juga berlaku sebaliknya, untuk mendapatkan pikiran yang tidak stres, diperlukan asupan bakteri baik pada perut. Nah, bakteri baik ini bisa good readers dapatkan dari yoghurt. Yoghurt kaya akan probiotik yang mampu mengatur kerja bagian otak dan mengurangi tingkat stres serta sikap lain yang berhubungan dengan kondisi depresi. Selain itu yoghurt juga baik untuk kesehatan kulit dan tulang.

4. Bayam

Dok. Okezone

Sejak kecil, good readers tentu sudah familiar dengan si hijau yang satu ini bukan? Ternyata, selain bagus untuk kesehatan tubuh, makanan favorite popeye ini juga termasuk sebagai salah satu makanan pereda stres loh good readers. Bayam kaya akan kandungan folate, sebuah zat yang bisa merangsang tubuh untuk memproduksi serotinin dan dopamine. Baik itu serotonin atau dopamine, keduanya sangat baik untuk meredakan stres dan depresi. Mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya yang kaya akan folate, bisa menyebabkan good readers merasa lebih tenang, bahagia, dan juga berenergi. 

5. Ubi Panggang

Google

Ubi panggang atau pemilik nama panggung sweet potato ini menurut Director of the Good Houskeeping Institute, Jaclyn London, R.D., ini adalah makanan manis dengan sumber terbaik untuk potasium yang bisa membantu good readers merasa lebih rileks dan juga mengatur detak jantung. Kebutuhan akan karbohidrat dan gula meningkat saat seseorang stres. Karbohidrat, betakaroten, vitamin, gula, dan serat yang dikandung oleh ubi bisa membantu tubuh memprosesnya secara pelan dan perlahan.

Good readers bisa mengkreasikan ubi panggang ini dengan topping-topping lain, atau bisa juga langsung dimakan. Ubi nya yang dimakan ya good readers, jangan panggangan nya hahaha ๐Ÿ˜

Baiklah itu tadi beberapa dari makanan dan minuman yang dipercaya sebagai pereda stres. Gimana good readers?? Ada yang kamu suka gak dari nama-nama makanan dan minuman diatas?? Atau kamu suka nya dia?? hahaha #peace

Okee good readers, kalo good readers lagi stres bisa tuh cobain salah satu dari makanan dan minuman diatas. InsyaAllah stres bisa hilang, oiya jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah makan yaa good readers biar barokah. Jangan lupa minum juga good readers, apalagi kalo good readers abis makan ubi, soalnya biasanya suka seret hehehe.

Sekian. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat semua good readers.. Maaf-maaf kalo ada salah salah kata ๐Ÿ˜Š

Gomawooo ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Editor : Dita Izaty Rizkiyani

Referensi :

  • https://journal.sociolla.com/lifestyle/makanan-pereda-stres/ 
  • https://beauty.popbela.com/health/dinalathifa/santap-5-makanan-lezat-sebelum-tidur-untuk-redakan-stres/full

Comments

Post a Comment

Popular Posts