4 tanda-tanda usus kamu sedang tidak sehat!


Hasil gambar untuk usus  
Jakarta Timur – Halo Good readers, Whatz up!.. Ngerasa gak sih kalo setiap makanan yang kita konsumsi pasti akan berdampak bagi kesehatan, baik makanan sehat maupun tidak. Nah, pasti juga akan berdampak bagi kesehatan organ-organ pencernaan, usus salah satunya.
Tau kan kalo usus adalah organ penting yang bermula dari lambung hingga anus dan berfungsi mulai dari penyerapan air hingga penyerapan nutrisi lainnya. Maka sudah seharusnya kita juga memerhatikan kesehatan usus kita.
Untuk itu, kita harus tahu tanda-tanda usus kita sedang tidak sehat, yaitu:


1. Merasa Nge-Down
Hasil gambar untuk merasa down

Foto: lagi pusing mikir?  lagi nge-down

Ternyata ada hubungan kuat antara usus dengan otak. Di kala ada masalah di usus bisa menyebabkan perasaan-perasaan emosional. Seperti kita merasa cemas dan kesal di kala mengalami sembelit, diare, atau kembung.
Penelitian terbaru menunjukkan adanya microbiome yang secara langsung memengaruhi neurotransmiter di otak dan memengaruhi cara kita berpikir dan merasa.
Dengan mengonsumsi makanan kaya prebiotik memiliki dampak baik bagi kesehatan usus. Bahkan, dalam penelitian disebut bahwa prebiotik juga dapat mengurangi hormon kortisol yang menyebabkan stres.


2. Gampang sakit
Hasil gambar untuk gampang sakit

Foto:  bukan karena lagi nonton drama korea ya

Penelitian membuktikan bahwa sebagian besar sistem kekebalan tubuh berkaitan dengan saluran pencernaan, dan sel-sel di usus lah yang berkaitan dengan sejumlah besar penyakit.
Jika usus terdapat masalah, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah sakit.


3. Jadi lebih sensitive pada makanan tertentu
Hasil gambar untuk pilih pilih makanan

Foto: Lagi mikirin harga kinderjoy

Orang dengan kesehatan usus yang tidak baik menjadi tidak sadar ia lebih sensitif terhadap makanan tertentu.
"Kadang-kadang alergi atau kepekaan bisa menandakan usus ada masalah, yang berarti bahwa permeabilitas usus Anda terganggu dan partikel makanan yang tidak dicerna dapat membuat jalan mereka melalui lubang kecil dan masuk ke aliran darah," kata nutrisionis, Lee Holmes, seperti dikutip dari Brydie.  
Pada tahap ini, sistem kekebalan tubuh akan menandai makanan-makanan tertentu sebagai penyerbu asing dan memicu respon kekebalan.


4. Kembung terus menerus
Hasil gambar untuk kembung

Foto:  Lagi kembung 

Menurut Holmes, perut kembung sering disebabkan oleh gas yang berlebih. Pada dasarnya, hal ini terjadi karena tubuh sedang berjuang untuk mencerna makanan tertentu, seperti protein dan karbohidrat yang tidak seimbang.
"Ini juga bisa menandakan kondisi yang mendasarinya, jadi ada baiknya konsultasi dengan dokter jika terjadi kembung terus-menerus," saran Holmes.




Editor: Ryo Gusti Nugroho
Reference: Alice M. Sorokie (2008) Pencernaan Sebagai Kunci Hidup Sehat, Jakarta: BIP Kelompok Gramedia. 







Comments

Post a Comment

Popular Posts